29 Juli 2018

Cara Investasi Emas

Emas batangan
Cara Investasi Emas – Emas adalah salah satu media investasi yang menguntungkan setelah properti. Hal ini sesuai dengan prinsip dasar investasi yaitu adanya kenaikan capital gan yang tinggi setiap tahunnya. Investasi emas sendiri, diperkirakan mengalami kenaikan capital gain antara 10% hingga 20% setiap tahun. Itu artinya, kita akan mendapatkan keuntungan 10% - 20% setiap tahun hanya dengan menyimpan emas.

Meskipun emas menjadi sarana berinvestasi favorit bagi masyarakat, kita ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar investasi emas menjadi untung, bukannya buntung!

1. Investasi pada emas batangan
Cara investasi emas yang dimaksud ini adalah ketika kita menyimpan harta dengan membeli emas batangan, bukan emas perhiasan. Bedanya, ketika kita investasi emas batangan maka harga beli emas yang dikenakan akan stabil sesuai harga pasaran yang berlaku. Sedangkan harga emas perhiasan, harganya cenderung turun dan bersifat subyektif tempat yang membelinya.

2. Investasi emas untuk jangka waktu menengah
Harga jual emas selalu lebih mahal daripada harga belinya. Contoh, jika harga jual emas Rp. 680.000,-/gram maka harga belie mas Rp. 520.000,-. Kita akan mengalami kerugian jika berinvestasi emas dalam jangka pendek. Jika harga jual emas Rp. 680.000,-/gram dan 3 tahun kemudian kita menjualnya dengan harga beli emas masih Rp. 690.000,-/gram, maka kita akan mengalami kerugian karena selisih keuntungan tidak sebanding dengan laju inflasi.

3. Investasi emas bersifat nonliquid
Investasi nonliquid berarti kita tidak mudah untuk mengubah aset investasi menjadi uang tunai dalam waktu singkat. Investasi nonliquid berlaku pada emas. Ketika ada kebutuhan mendadak, kita perlu menjual emas batangan ke toko emas atau pihak lain untuk mendapatkan uang tunai. Sementara itu, keunggulannya adalah kita juga tidak akan mudah tergoda menjual emas untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

4. Investasi emas dengan membeli secara tunai
Dalam berinvestasi emas, kita harus membeli emas batangan secara tunai karena lebih mudah jika dibandingkan dengan pembelian secara kredit. Jika uang yang miliki masih terbatas, kita dapat membeli emas batangan dalam satuan kecil seperti 1 gram, 2 gram, dan 5 gram. Selain harganya terjangkau, emas batangan satuan kecil ternyata lebih mudah untuk dijual kembali daripada emas batangan satuan besar.
logoblog
Newest
You are reading the newest post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.